Tundukkan Tsitsipas, Monfil melaju ke semifinal Sofia Terbuka

Jakarta (ANTARA News) – Gael Monfils memenangi 93 persen poin dari servis pertamanya, saat ia melaju ke semifinal turnamen Sofia Terbuka pada Jumat waktu setempat dengan 6-3, 7-6 (5) atas petenis berbakat Yunani Stefanos Tsitsipas.

Dikutip dari Reuters pada Sabtu, Petenis Prancis berpengalaman, yang sempat merosot ke peringkat 33 dunia setelah serangkaian cedera, menampilkan performa luar biasa saat ia memastikan tiket empat besar tanpa kehilangan satu set pun minggu ini.

Atlet berusia 32 tahun itu sempat mengendur setelah mematahkan servis Tsitsipas pada saat pertama, tetapi kemudian memenangi tiebreak di set kedua.

“Saya sangat agresif hari ini,” kata Monfils. “Saya mencoba memainkan (tempo) dan servis dengan sangat baik. Ini adalah hari terbaik saya hingga sejauh ini.”

Pada Sabtu (Minggu WIB) Monfils akan menghadapi unggulan ketiga asal Rusia Daniil Medvedev yang menaklukkan petenis Slovakia Martin Klizan dengan straight set untuk melangkah ke semifinal.

Sementara petenis Italia Matteo Berrettini mampu bangkit untuk mengalahkan unggulan keenam Fernando Verdasco 4-6, 7-5, 6-4.

Petenis nomor 53 dunia, Berrettini, yang sempat mengejutkan setelah menyingkirkan unggulan teratas Karen Khachanov dengan kemenangan tiga set pada putaran kedua, menyulap awal permainan yang lemah menjadi penampilan hebat lainnya dengan pukulan kuat dan servis solid melawan petenis veteran Spanyol itu.

“Seperti dalam pertandingan melawan Karen, saya gagal dan saya berusaha untuk tetap fokus,” kata petenis Italia yang genap berusia 23 pada April nanti. “Saya tahu harus bertarung dan saya senang semuanya berjalan dengan baik.”

Lawan semifinal Berrettini adalah petenis Hungaria Marton Fucsovics yang berhasil masuk empat besar saat ulang tahunnya yang ke-27 setelah unggulan keempat Roberto Bautista Agut, juara Sofia Open pada 2016, mengundurkan diri di babak perempat final karena tidak fit.

Baca juga: Monfils buat langkah awal positif di Sofia

Baca juga: Youtube Tsitsipas banjir subscriber saat ia berhasil ke semifinal

Penerjemah: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019