Tim Fed Indonesia masih berpeluang bertahan di Grup I

Jakarta (ANTARA News) – Tim tenis putri Indonesia masih berpeluang untuk tetap bertahan pada Piala Fed Grup I zona Asia Oseania menyusul kemenangan atas tim Pasifik Oseania pada laga kedua pool B di Astana, Kazakhstan, Kamis.

“Saya senang bisa memenangi pertandingan ini dan yang terpenting bisa memastikan peluang Indonesia untuk tetap bertahan di Grup I,” ujar petenis tunggal putri Indonesia Beatrice Gumulya dalam keterangan tertulis PP Pelti yang diterima Antara di Jakarta, Kamis malam.

Tim Fed Indonesia menang telak 3-0 atas tim Pasifik Oseania. Pada laga pembuka, tunggal putri Aldila Sutjiadi menang dua set langsung 6-4, 6-2 atas Violet Apisah. Sedangkan Beatrice yang turun pada laga kedua juga menang.

Beatrice mengalahkan Abigail Tere-Apisah yang menempati peringkat 341 dunia dalam tiga set 6-4, 2-6, 6-4.

Sementara, ganda Deria Nur Haliza/Jessy Rompies memastikan kemenangan telak tim Merah-Putih dengan menaklukkan pasangan Steffi Carruthers/Abigail Tere-Apisah dua set langsung 6-4, 6-4.

Tim putri Indonesia menempati peringkat ketiga pool B Piala Fed Grup I Zona Asia Oseania 2019. Tapi, mereka masih punya satu pertandingan menghadapi tim unggulan pertama China pada Jumat (8/2).

“Kami akan bermain tanpa beban karena kami punya kesempatan untuk mencoba beradu dengan petenis peringkat 50 besar dunia,” kata Beatrice tentang laga menghadapi tim putri China.

Meskipun menang atas tim Pasifik Oseania, tim putri Tanah Air harus menang dalam pertandingan “relegation play-off” atas tim peringkat ketiga pool A agar dapat bertahan pada Piala Fed Grup I Zona Asia Oseania.

Tim Thailand, pada pool A, telah mengantongi dua kali kekalahan dari tim India ataupun tim Kazakhstan dan akan menempati posisi ketiga pada pool A.

Laga Piala Fed Grup I Zona Asia Oseania menggunakan format pertandingan dua tunggal dan satu ganda. Petenis pelapis dari masing-masing tim akan bertanding pada laga pertama. Kemudian, pertandingan antara petenis utama dan laga nomor ganda sebagai penutup.

Tim yang meraih kemenangan pada Piala Fed Grup I Zona Asia Oseania itu akan mendapatkan promosi ke Play Off Grup Dunia. Sedangkan tim yang kalah pada pertandingan yang berlangsung 6-9 Februari 2019 itu akan terdegradasi ke Grup II Zona Asia Oseania.

Baca juga: Tim Fed Indonesia takluk dari Korea Selatan
 

Pewarta:
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019