Sakkari tumbangkan juara bertahan Bertens di Charleston

Jakarta (ANTARA) – Petenis putri peringkat 50 dunia Maria Sakkari membuat kejutan dengan menumbangkan juara bertahan Kiki Bertens dalam dua set langsung 7-6(8), 6-3 pada putaran ketiga turnamen Charleston Open di South Carolina, Amerika Serikat, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Sakkari yang berasal dari Yunani memenangi pertandingan setelah mencuri poin untuk ketujuh kalinya dari servis petenis unggulan kedua asal Belanda tersebut yang sedang bermain di lapangan tanah liat yang menjadi favoritnya.

Unggulan ke-15 Sakkari berhasil lolos dari empat set point pada set pertama dan bermain tenang pada set tersisa dalam laju dia mengamankan kemenangan atas petenis 10 besar untuk ketiga kali selama karirnya, menyusul sukses dia mengalahkan Caroline Wozniacki pada 2017 dan Karolina Pliskova pada tahun lalu.

Kemenangan tersebut juga memperbaiki perjalanan Sakkari, yang setelah memulai tahun ini dengan penampilan bagus, termasuk mencapai putaran ketiga Australia Open, tapi harus tersingkir di babak-babak awal pada turnamen di St. Petersburg, Acapulco, Indian Wells, dan Miami.

“Saya sangat bersemangat dan tak bisa berkata apa-apa,” kata Sakkari di lapangan setelah pertandingan usai seperti dikutip dari Reuters.

“Saya mengalami masa sulit dua bulan setelah Australia Open. Saya kalah pada putaran pertama, putaran kedua, dan saya benar-benar ingin kembali lebih kuat. Akhirnya saya kembali dan saya merasa luar biasa,” kata Sakkari.

Pada pertandingan selanjutnya, Sakkari akan menghadapi unggulan kelima Wozniacki, yang mengalahkan unggulan ke-12 asal Rumania Mihaela Buzarnescu 6-4, 3-6, 6-3.

Sementara itu, petenis unggulan teratas Sloane Stephens berhasil lolos dari sebuah bahaya sebelum akhirnya mengalahkan Ajla Tomljanovic 4-6, 6-4, 6-4.

Petenis Australia Tomljanovic memenangi set pertama dengan tembakan backhand drop volley yang tidak dapat dilayani petenis Amerika Serikat Stephens.

Tomljanovic kemudian mencetak 13 poin beruntun pada awal set kedua dengan melepaskan serangkaian tembakan yang tidak tertahan untuk unggul 3-0, tapi Stephens kemudian bangkit dan mengembalikan momentum secepat dia kehilangan itu sebelumnya.

Pada pertandingan yang digelar lebih awal, unggulan kesembilan Belinda Bencic memperpanjang penampilan bagusnya dengan meraih kemenangan 6-2, 7-5 atas Taylor Townsend untuk mencapai perempat final, sementara Petra Martic mengalahkan Jessica Pegula 2-6, 6-3, 6-2.

Baca juga: Bertens jago lapangan tanah yang jadi ancamaan di Charleston

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019