Peringkat satu dunia Barty tersingkir pada putaran kedua Toronto

Jakarta (ANTARA) – Pemanasan peringkat satu dunia Ashleigh Barty menuju US Open mengalami awal yang buruk ketika petenis Australia itu mengalami kekalahan mengejutkan 7-6(5), 3-6, 4-6 dari petenis Amerika Sofia Kenin pada putaran kedua, Selasa waktu setempat, pada Rogers Cup di Toronto.

Barty, bermain untuk pertama kalinya sejak tersisih pada babak 16 besar Wimbledon, berjuang pada set kedua ketika ia kehilangan empat gim pertama dan Kenin memanfaatkannya untuk meraih kemenangan pertamanya dalam empat pertemuan dengan petenis putri Australia itu.

Kenin hampir menyia-nyiakan keunggulan 4-1 pada set penentuan namun menahan keberaniannya dan menutup pertandingan ketika pukulan forehand Barty terlalu jauh.

“Sejujurnya saya sangat lelah,” kata Kenin dalam wawancara di lapangan. “Pemain yang sangat tangguh dan ini pertandingan yang sulit dan saya sangat gembira berhasil lolos,” tambahnya seperti dikutip Reuters, Rabu.

Selanjutnya Kenin akan melawan salah satu di antara mantan peringkat satu dunia Victoria Azarenka, yang sebelumnya mengalahkan petenis Italia Camila Giorgi 6-2, 6-2, atau petenis Ukraina Dayana Yastremska.

Sebelumnya, juara Grand Slam tujuh kali Venus Williams tersisih pada putaran pertama setelah menderita kekalahan 4-6, 2-6 dari petenis Spanyol Carla Suarez-Navarro, yang selanjutnya akan menghadapi unggulan 16 asal Estonia Annett Kontaveit.

Williams, yang sekarang sudah kehilangan empat pertandingan beruntun, akhirnya kalah oleh kesalahan sendiri dan kesalahan ganda mematikan yang membuat Suarez-Navarro merebut empat gim terakhir dalam pertandingan tersebut.

“Ia sangat tajam,” kata Williams. “Dan saya memainkan banyak poin-poin bagus namun tidak cukup berturut-turut.”

Pada pertandingan putaran pertama lainnya, perempatfinalis Wimbledon Zhang Shuai adalah pemenang 7-6(5), 6-2 atas petenis Latvia Anastasija Sevastova dan selanjutnya akan menghadapi petenis kualifikasi asal Rusia Ekaterina Alexandrova, yang menundukkan Misaki Doi dari Jepang 6-2, 6-2.

Petenis Ceko Katerina Siniakova, petenis kualifikasi asal Jerman Tatjana Maria dan pemain kualifikasi asal Polandia Iga Swiatek juga mencapai babak 32 besar di Toronto, yang menjadi bagian dari US Open Series menuju Grand Slam terakhir musim tahun ini.

Pertandingan sesama pertenis Kanada pada putaran pertama antara juara Indian Wells Bianca Andreescu dan petenis wildcard Eugenie Bouchard akan membuka sesi malam diikuti pertarungan antara unggulan ketujuh Sloane Stephens dan petenis kualifikasi asal Ceko Marie Bouzkova.

Baca juga: John Isner capai putaran kedua Montreal

Baca juga: Kvitova mundur dari Rogers Cup karena cedera lengan

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019