Nadal melaju ke perempat final setelah singkirkan Cilic

Jakarta (ANTARA) – Rafa Nadal menghadapi tantangan terberatnya di US Open, tetapi meningkatkan permainannya untuk mengalahkan Marin Cilic 6-3 3-6 6-1 6-2 pada Selasa (WIB) dan melanjutkan pertandingan ke perempat final.

Petenis unggulan kedua asal Spanyol itu mengendalikan permainan pada set pertama dengan servis dan pertahanan yang kuat. Namun, petenis Kroasia Cilic tak mau kalah sehingga berhasil merebut poin di set kedua.

Kesempatan itu sudah menguntungkan Cilic, tapi kemudian momentum itu berubah saat Nadal melompat ke udara untuk melakukan smash spektakuler yang mengejutkan para penonton di arena.

Cilic yang melakukan double fault dalam permainan telah mengantarkan Nadal unggul 3-1 pada pertandingan di malam yang panas dan lembab di New York membuat seluruh penonton di Stadion Arthur Ashe pun ikut bersorak pada petenis Spanyol itu.

Nadal memastikan kemenangannya dan melaju ke perempat final untuk ke-40 kalinya dalam turnamen Grand Slam.

“Untuk beberapa saat di set kedua saya merasa dia (Cilic) telah memiliki banyak poin,” kata Nadal seperti dikutip Reuters.

“Dia mendorong saya kembali, setelah set kedua, saya pikir sesuatu perlu diubah.”

Pemain berusia 33 tahun itu memiliki permainan yang relatif bebas dari tekanan, ia hanya kehilangan satu set dan mendapatkan walkover di babak kedua.

Di perempat final, juara Grand Slam 18 kali itu akan bertemu dengan petenis Argentina Diego Schwartzman, yang berhasil menggulingkan Alexander Zverev di 16 besar pada pertandingan sebelumnya.

Nadal bersama dengan unggulan ketiga Roger Federer berpotensi bertemu di final hari Minggu jika kedua pemain menang. Sedangkan Federer akan menghadapi Grigor Dimitrov pada Selasa.

Baca juga: Naomi Osaka berusaha “move on” setelah tersingkir di US Open

Baca juga: Djokovic cedera, tidak lanjutkan pertandingan lawan Wawrinka

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019