Nadal kehabisan kata-kata setelah menangi final French Open

Jakarta (ANTARA) – Rafael Nadal kehabisan kata-kata setelah memenangi final French Open 2019, berkat kemenangan 6-3 5-7 6-1 6-1 atas Dominic Thiem dalam pertandingan yang dimainkan di Roland Garros, Paris, Prancis, Minggu malam WIB.

“Ini benar-benar luar biasa. Saya tidak dapat menjelaskannya,” kata Nadal seperti dilansir atptour.com.

Berkat kemenangan ini, Nadal memangkas selisih dengan Roger Federer untuk koleksi gelar Grand Slam terbanyak di era Open. Petenis asal Mallorca ini total telah mengumpulkan 18 trofi Grand Slam, dan hanya tertinggal dua gelar dari Federer.

Pencapaian ini sekaligus juga membuat Nadal telah mengumpulkan 12 gelar di Prancis. Sebelumnya tidak ada petenis yang mampu mengoleksi selusin gelar di satu ajang level tur. Nadal juga mempertajam rekornya di lapangan tanah liat Grand Slam menjadi 93-2.

Pada usia 33 tahun, Nadal belum memperlihatkan tanda-tanda mengendur. Petenis Spanyol ini memperpanjang catatan gelar Grand Slam yang dimenangi oleh petenis-petenis berusia 30 tahun ke atas menjadi 11 kali raihan juara secara berturut-turut.

Ia kini merupakan juara paling tua peringkat ketiga di Roland Garros. Hanya Andreas Gimeno (1972) dan Ken Rosewall (1968) yang meraih gelar juara di ajang ini saat berusia di atas Nadal.

Baca juga: Nadal tundukkan Thiem demi rekor gelar ke-12 French Open

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019