La Liga sponsori Piala Davis

Madrid (ANTARA News) – Liga sepak bola Spanyol akan menjadi sponsor kompetisi tenis beregu putra Piala Davis yang berubah format selama empat tahun ke depan, kata induk olahraga tersebut, Kamis.

Mulai digelar pada 1900, Piala Davis adalah kompetisi internasional beregu terbesar dalam tenis, namun olahraga tersebut menyedihkan sebagai tontonan sejak banyak pemain top memilih untuk absen.

Untuk menghidupkan kembali turnamen tersebut, Federasi Tenis Internasional (ITF) tahun lalu menandatangi kesepakatan selama 25 tahun senilai 3 miliar dolar dengan kelompok investasi bernama Kosmos, yang dipimpin oleh pemain sepak bola Barcelona Gerard Pique.

Piala Davis saat ini akan terdiri atas event sepekan penuh ala babak sistem gugur Piala Dunia antara 18 negara pada akhir musim reguler. Tahun ini putaran final akan berlangsung di Madrid pada November.

“Kemitraan lintas olahraga dengan La Liga adalah inovatif bagi Piala Davis,” kata presiden ITF David Haggarty mengenai persetujuan sponsor baru itu. “Ini akan memperluas jangkauan kami hingga bukan saja penggemar tenis tetapi penggemar olahraga lain,” tambahnya seperti dikutip Reuters.

Tidak ada rincian keuangan yang disebutkan.

La Liga akan mempromosikan Piala Davis melalui siaran internasional di 200 negara selama berlangsungnya pertandingan-pertandingan liga sepanjang Oktober. Mereka juga bekerja sama untuk kualifikasi Piala Davis, yang dimulai akhir pekan ini, dengan 12 pemenang akan memastikan tempat pada putaran final di Madrid bersama tim yang sudah lolos Kroasia, Prancis, Amerika Serikat, Spanyol Argentina, dan Inggris Raya.

La Liga mensponsori pertandingan Spanyol dalam Piala Davis 2016 di India, sementara tahun lalu liga tersebut mengumumkan kemitraan dengan tim Formula 1 Renault. Lembaga tersebut juga mendukung 64 federasi olahraga Spanyol.

“La Liga senang bermitra dengan Kosmos Tennis karena ini menunjukkan kesempatan besar untuk menghubungkan brand kami dan klub-klub kami dengan ikon olahraga dan hiburan di seluruh dunia,” kata Oscar Mayo, direktur pengembangan bisnis internasional La Liga.

Baca juga: Prancis dan Kroasia umumkan tim untuk final Piala Davis

Penerjemah: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019