Jabar-Majalengka urus perizinan embarkasi sementara Bandara Kertajati

Jadi dalam beberapa hari saya sudah dapat materi koordinasinya. Bupati Majalengka sendiri mendukung penerbangan haji di Kertajati,

Bandung (ANTARA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Iwa Karniwa mengatakan Pemprov Jabar dan Pemkab Majalengka sudah berkoordinasi agar turut membantu perizinan embarkasi sementara Bandara Kertajati terkait rencana pemberangkatan calon jamaah haji dari bandara tersebut.

“Pemprov Jabar sedang menghitung biaya jika Bandara Kertajati, Majalengka berfungsi sebagai embarkasi haji sementara. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Bupati Majalengka agar turut membantu perizinan embarkasi sementara ini,” ujarnya di Bandung, Jumat.

Selain itu, tambahnya pihaknya juga sudah meminta agar direksi PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) selaku pengelola Bandara Kertajati untuk melakukan pemetaan termasuk rencana pendanaannya.

“Jadi dalam beberapa hari saya sudah dapat materi koordinasinya. Bupati Majalengka sendiri mendukung penerbangan haji di Kertajati,” ujarnya.

Iwa mengemukakan berdasarkan hasil pemetaan PT BIJB akan diketahui berapa jumlah kloter yang bisa dilayani di asrama haji sementara berikut biaya mengubah lantai atas Bandara Kertajati menjadi asrama.

“Sehingga anti dari hasil koordinasi baru bisa ditentukan berapa kloter,” katanya.

Pihaknya berharap jika tak seluruhnya penerbangan dari Jabar, maka embarkasi sementara ini bisa melayani jamaah haji yang berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

“Namun kita harapkan seoptimal mungkin. Untuk embarkasi sementara sehingga efisien dan efektif,” ujarnya.

Lebih lanjut Iwa menyebutkan akan berupaya keras agar opsi ini bisa disetujui oleh Kementerian Agama dengan mempersiapkan matang seluruh kebutuhan embarkasi sementara di Bamdara Kertajati.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019