Goffin jadi penantang Djokovic di semifinal China Open 2019

Jakarta (ANTARA) – Petenis unggulan ketiga David Goffin akan menghadapi peringkat pertama Novak Djokovic dalam babak semifinal China Open 2019, setelah mengatasi petenis Korea Selatan Hyeon Chung dengan skor 6-2, 6-2 dalam 54 menit.

Petenis Belgia ini sekarang mengantongi angka kemenangan 12-1 di Tokyo, dan berhasil menjejakkan langkahnya hingga babak empat besar di tiga turnamen ATP 500 terakhir yang ia ikuti.

“Saya memainkan pertandingan yang sangat sangat bagus. Benar-benar senang dengan cara saya bermain hari ini,” ujar Goffin saat diwawancarai atptour.com, Jumat.

Goffin mencatatkan persentase kemenangan terbaik ketiga dalam sejarah Rakuten Japan Open Tennis Championships.

Empat petenis lain yang bersama dengan Goffin memiliki lima rekor teratas di turnamen ini ialah Pete Sampras (15-0), Stefan Edberg (27-2), Manuel Orantes (10-1) dan Jim Courier (14-2), yang semuanya adalah anggota dari “Hall of Fame Tenis Internasional”.

Goffin akan menghadapi tantangan keras di babak empat menghadapi Djokovic, yang hanya membutuhkan 50 menit untuk mengirim unggulan kelima Lucas Pouille untuk pulang lebh awal di turnamen ini.

Goffin, yang menyandang gelar runner-up Nitto ATP Finals 2017, kini unggul 2-1 dari Chung dengan pertemuan terakhir mereka di Basel 2017 atau hampir dua tahun lalu.

Goffin mematahkan servis empat kali dan tidak menghadapi break point sendiri.

Baca juga: Bertens akan hadapi Barty di semifinal China Open 2019

“Kuncinya mungkin di servis saya, yang sepertinya saya lakukan sangat baik.,” pungkas Goffin.

Goffin hampir tersingkir dari turnamen ini di babak pertama, tetapi sejak saat itu ia terus maju. Dalam pertandingan pembuka melawan petenis Spanyol Pablo Carreno Busta, ia sempat tertinggal 1-6, 2-4, dan kemudian juga tertinggal 1/5 pada tie-break set kedua.

Tapi Goffin berhasil melewati pertandingan itu, berlanjut menggulingkan Denis Shapovalov dalam dua tie-break, dan kemudian mengalahkan Chung.

Meskipun Chung tidak masuk empat besar, dia adalah orang Korea Selatan pertama yang maju ke perempat final Tokyo sejak Hyung-Taik Lee, yang mencapai semi-final pada tahun 2006.

Pertandingan tersebut akan menjadi perjalanan pertama bagi petenis peringkat 145 dunia itu untuk mencoba peruntungan ke posisi empat besar di acara ATP Tour sejak Munich 2018.

Baca juga: David Goffin capai perempat final Japan Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019