Felix Auger-Aliassime semifinalis Miami termuda dalam 35 tahun

Jakarta (ANTARA) – Petenis Kanada Felix Auger-Aliassime menjadi petenis termuda yang mencapai semifinal Miami Open dalam 35 tahun, setelah remaja berusia 18 tahun itu mengalahkan Borna Coric pada perempat final.

Felix yang mengawali Miami sebagai petenis kualifikasi itu, pada babak delapan besar, Rabu waktu setempat, mengalahkan unggulan 11 Borna Coric dari Kroasia 7-6(3), 6-2 untuk maju ke babak empat besar melawan juara bertahan John Isner.

Sebelumnya, petenis AS Isner mengalahkan Roberto Bautista Agut dari Spanyol 7-6(1), 7-6(5).

“Melawan Borna, yang sudah mapan beberapa tahun, saya sudah pasti tidak menyangka akan menang. Saya perkirakan lebih, satu set seperti pada set pertama. Tapi yang kedua sungguh mengejutkan saya. Saya merasa seperti memiliki margin atas dia, memiliki sedikit keunggulan. Saya merasa benar-benar nyaman di luar sana sejak bola pertama,” katanya dikutip dari laman ATP, Kamis.

Baca juga: Petenis muda Felix buat debut di Miami Open

Petenis Kanada itu sekarang sudah memainkan lima pertandingan melawan petenis 20 peringkat teratas dalam Ranking ATP, dan ia memenangi kelimanya. Petenis ranking sembilan Isner akan menjadi lawan berikutnya bagi Felix.

Felix Auger-Aliassime sudah menjadi perempatfinalis termuda sejak Andy Roddick (18), pada 2001, dan pemain pertama yang lahir pada tahun 2000an yang mencapai perempat final ATP Masters 1000.

Rekan senegara Felix, Denis Shapovalov (19), petenis AS Frances Tiafoe (21), akan bertanding untuk memperebutkan satu tempat di semifinal lainnya, pada Kamis siang.

Terakhir kali dua petenis remaja mencapai perempat final atau lebih di Miami adalah pada 2007 ketika Novak Djokovic (juara) dan Andy Murray (perempat final), keduanya saat berusia 19 tahun.

Baca juga: Felix melaju ke putaran dua Miami Open

“Suatu keistimewaan dibandingkan dengan semua pemain hebat ini. Saya rasa ini menunjukkan bahwa saya sudah melakukan yang bagus, saya di jalur yang benar,” kata Auger-Aliassime. “Tapi saya rasa saya memandang jangka panjang, dan saat ini saya hanya menikmati setiap hari, Menikmati setiap pertandingan, karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti.”

Coric memainkan perempat final ATP Masters 1000 keenamnya, dan Auger-Aliassime, yang pertama, namun petenis Kanada itu lebih tenang dan menguasai segalanya.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019