Azarenka akan tampil pada nomor tunggal di Piala Fed

Jakarta (ANTARA) – Mantan petenis nomor satu dunia Victoria Azarenka akan bermain pada nomor tunggal bagi tim Belarus dalam semifinal Piala Fed melawan Australia dan akan bertemu dengan pasangannya di nomor ganda Ashleigh Barty pada pertandingan kedua di Brisbane, Australia, Sabtu (20/4).

Juara nomor ganda Australia Open itu dipilih kemungkinan karena keberhasilannya di lapangan keras biru Down Under, di mana dia juga memenangi gelar di Brisbane dan Sydney.

Pertandingan nanti akan menjadi penampilan pertama dia pada nomor tunggal di Piala Fed sejak playoff Grup Dunia melawan Rusia pada 2016, setelah dia memiliki bayi dan membatasi perjalanan turnamen dia karena masalah perwalian anak. Dia bermain ganda melawan tim Jerman awal tahun ini.

Azarenka dan Barty berpasangan pada nomor ganda di Australia Open dan berpasangan kembali di Miami bulan lalu, di mana mereka mencapai semifinal.

Azarenka mengalahkan Barty pada satu-satunya pertemuan mereka pada nomor tunggal – tahun lalu di Tokyo – tapi setelah itu petenis asal Australia tersebut menembus peringkat 10 besar dunia dan memenangi turnamen Premier pertamanya di Miami bulan lalu.

Barty memperkirakan Azarenka yang menempati peringkat 61 dunia itu akan memanfaatkan kesuksesannya di Australia, saat mereka bertarung setelah pertandingan pertama antara mantan juara AS Open Samantha Stosur melawan petenis peringkat 10 dunia Aryna Sabalenka.

“Di Australia dia sudah meraih sejumlah hasil terbaik. Dia sangat familiar dengan permukaan ini, dengan lapangan ini,,” kata Barty seperti dikutip dari Reuters.

Pemilihan Stosur oleh kapten tim Australia Alicia Molik untuk membuka pertandingan melawan petenis yang memiliki  pukulan keras Sabalenka, juga sedikit mengejutkan saat petenis berusia 35 tahun itu berjuang pada turnamen di dalam negeri.

Juara AS Open 2011 itu tidak pernah mencapai lebih dari putaran keempat di Australia Open dan berjuang di Brisbane dan Sydney, tapi Molik mengatakan pengalamannya yang membuat dia lebih memilih Stosur ketimbang petenis yang peringkatnya lebih tinggi, Daria Gavrilova.

Pertandingan silang nomor tunggal dan pertandingan ganda, jika diperlukan, dijadwalkan pada Minggu (21/4).

Prancis akan menjamu Rumania di lapangan indoor di Rouen pada semifinal lainnya.

Baca juga: Laga pembuka di Miami, Azarenka butuh dua jam lebih untuk menang

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019