Auger-Aliassime singkirkan unggulan teratas, Kyrgios didenda di London

Jakarta (ANTARA) – Petenis remaja Kanada Felix Auger-Aliassime melaju ke semifinal Fever-Tree Championships di London, Inggris, Jumat, sementara petenis Australia Nick Kyrgios dijatuhi denda.

Petenis unggulan delapan, Auger-Aliassime menyingkirkan unggulan teratas Stefanos Tsitsipas 7-5, 6-2 pada perempat final di Queen’s Club tersebut, Jumat, untuk selanjutnya bertemu Feliciano Lopes yang mengikuti turnamen tersebut melalui fasilitas wildcard.

Petenis Spanyol itu membukukan tempat di babak empat besar dengan mengalahkan Milos Raonic 4-6, 6-4, 7-6(5).

Dikutip dari AFP, Sabtu, pada usia 18 tahun, Auger-Aliassime menjadi petenis termuda yang mencapai semifinal di Queen’s Club sejak petenis Australia Lleyton Hewitt pada usia yang sama tahun 1999.

Baca juga: Pelajaran berharga bagi Auger-Aliassime dalam menjaga kebugaran

“Ia lawan paling sulit yang pernah saya hadapi, dan saya kira dibutuhkan beberapa upaya untuk mengalahkannya,” kata Tsitsipas dikutip AFP.

“Ini jelas mengecewakan bahwa dia lebih baik dari saya. Saya harus menerima bahwa ia lebih baik dari saya,”

“Saya mungkin tidak pernah mengalahkannya, tapi jika saya berpikir begitu, hanya perlu menunggu, beberapa tahun mungkin, untuk kesempatan itu datang.”

Semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan keempat Daniil Medvedev yang menang atas Diego Schwartzman 6-2, 6-2, dengan Gilles Simon yang maju ke empat besar dengan kemenangan 7-6(5), 5-7, 7-6(3) atas Nicolas Mahut.

Didenda
Sementara itu, Nick Kyrgios yang tersingkir pada babak 16 besar setelah dikalahkan oleh Auger-Aliassime 7-6(4), 6-7(3), 5-7, dijatuhi denda hampir 20.000 dolar AS (sekitar Rp282,5 juta), Jumat, karena perilaku kontroversialnya dalam dua putaran di Queen’s Club.

Petenis berusia 24 tahun, yang bulan lalu didiskualifikasi dari Italia Open karena melemparkan kursi di lapangan, menuduh hakim garis “mencurangi pertandingan” dalam laga putaran pertama melawan Roberto Carballes Baena atas apa yang menurutnya keputusan hakim garis yang buruk.

Ia mengancam keluar lapangan sebelum melanjutkan pertandingan dan memenangi laga, meskipun itu tidak dilakukan sebelum mengolok-olok topi wasit Fergus Murphy dan tampaknya kehilangan minat pada pertandingannya dengan mengintip pada pagar menyaksikan pertandingan lain.

Kyrgios belum mereda saat bertanding melawan petenis Kanada Felix Auger-Aliassime pada Kamis.

Raketnya melayang ke tribun lapangan setelah petenis Kanada berusia 18 tahun itu mematahkan servisnya untuk merebut set ketiga 7-5 dan memenangi pertandingan.

Supervisor ATP memutuskan Kyrgios harus didenda 7.500 dolar untuk dua tuduhan terpisah yaitu perilaku tidak sportif dalam pertandingan babak pertama dan 10.000 dolar atas perilakunya dalam pertandingan melawan Auger-Aliassime.

Kyrgios juga mengancam pada konferensi pers menuduh ATP mempunyai standar ganda dengan tidak menghukum petugas pertandingan yang menjalankan tugas dengan buruk.

Baca juga: Del Potro menuju operasi, tidak yakin apakah akan main lagi

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019